“PENGABDI SETAN” (2017): STANDAR BARU PERFILMAN HOROR INDONESIA

1507539154-pengabdi-setan-4

Waktu tau kalo Pengabdi Setan (1980) di-reboot Joko Anwar, saya super duper excited! Pengabdi Setan adalah salah satu film horror favorit saya selain Jelangkung (2002). Pengabdi Setan (1980) adalah film horror bertema zombie pertama di Indonesia. Yaa.. semacam Night of The Living Dead versi lokal. Serem? Iya banget! Pertama kali saya nonton Pengabdi Setan (1980) itu waktu SD. Sampe sekarang pun kalo nonton yang versi 80’an masi sering takut.

00167424
Opening scene yang cukup bikin lemes

Nah di versi reboot nya Joko Anwar dibikin lagi dah tuh mayat hidup ala ala lokal. Sebenernya kalo dibilang ceritanya beda, engga juga. Cuma ada penambahan karakter, tema cerita, pengurangan karakter.. tapi overall masi berada dalam kaidah Pengabdi Setan versi 80’an. Satu keluarga yang diteror ama hantu Ibunya sendiri. Tentunya dengan gaya penulisan dan penyutradaraan si kampret Joko Anwar. Ha ha

Im not going to tell every details of the story, but rather I’ll give my personal opinion about the reboot itself. Pengabdi Setan (2017) adalah sebuah reboot yang berhasil. Joko Anwar beneran tau apa yang kudu dilakuin ama reboot version ini. Yaa.. selain alasan emang doi fans berat Pengabdi Setan 80’an si. Di sebuah interview Joko pernah bilang kalau Pengabdi Setan-nya Sisworo Gautama adalah salah satu film yang bikin doi pengen jadi film maker. Dan voila! He did it! He needs 10 years to make his childhood dream came true.

041460800_1503374317-pengabdi_setan
My most favorite scene. Source material-nya ini opening scene Pengabdi Setan (1980).

Pengabdi Setan (2017) bisa dibilang film Joko Anwar banget! Sedikit cult.. peculiar.. bercerita tentang sekte pengabdi setan. To be exact kultus pengabdi kesuburan. Yup! Si Ibu yang diperanin horor banget sama Ayu Laksmi adalah anggota dari sekte penyembah kesuburan. Simply karena setelah bertahun tahun menikah dengan Bapak (Bront Palarae) ga bisa punya anak. Ahirnya setelah jadi anggotanya, punyalah mereka 4 orang anak. Tapi anak yang terakhir adalah anak iblis yang sewajarnya harus dikembalikan ke iblis. From devil to devil.

 

Plot aga kedodoran. Banyak plot hole. Engga tahu karena Joko terlalu excited ngegarapnya atau emang sengaja dibikin gitu agar penonton bertanya tanya (ini sebenernya ciri khas Joko si). Cuma leaving some scenes unanswered itu aga gimana gitu. Kek misalnya, si Bondi. Bondi (Nazar Anuz) di film mengalami shock setelah liat dengan mata kepala sendiri mayat Nenek yang mengapung di sumur. Terus shock-nya si Bondi seolah Bondi ‘dimasukin’ ama arwah Nenek (Elly. D Luthan). Tapi pas mau ending Bondi uda balik normal gitu aja tanpa penjelasan. Kind of weird dan unexplainable. Itu cuma satu contoh. Ada beberapa yang ga konsisten.

MV5BNmU1YWYwMmMtNDA1My00YWNmLWI2NzItYzM2MGU4MjBiNzY1XkEyXkFqcGdeQXVyMzUwMTk4OTI@._V1_
Salah satu contoh plot hole. Sampe sekarang juga ga tau ini Bapak bilang apa ke Ibu.

Truth be told, semua karakter mengalami ketidak konsistenan kecuali Ian (M. Akhdiyat) dan si Ibu sendiri. Bapak sama Nenek sebenernya nyimpen banyak hint. Ketidak konsistenan mereka seolah adalah easter eggs dari Joko. Kek misalnya abis Ibu meninggal, si Bapak malah pergi ke kota buat cari duit katanya. Terus anak anaknya kelimpungan dong. Bapak malah bilang ‘emang kira kira hal apa yang membutuhkan Bapak?’ hellllooo… Sugar daddy nan dandy… lo pikir??? Istri lo abis mokat terus lo tinggal di pedesaan yang jauh ama orang orang! Cium juga nih si Bapak saking gemesnya. Ah! Si Nenek juga yakin banget jadi setan abis doski bunuh diri. Apa Bapak dan Nenek sama sama sekte pengabdi setan? Lhaaarrr!

23d1e8c20
PENGABDI BAPAK!

Bagusnya adalah semua kedodoran itu seolah lewat gitu aja. Saking apiknya ini film. Padahal saya pas nonton juga ‘lho ko gini sik?’, ‘maksutnya apaan?’. Bukan karena saya tau itu hint, tapi lebih ke ini film emang apik! Sampe sampe saya bodo amat plot hole nya. I gotta admit, setelah ratusan purnama, ada juga film horror lokal yang apik. Ya ceritanya ya seremnya. Terakhir nonton film horror lokal yang serem itu Jelangkung-nya Winky waktu SD. Joko udah bikin standar baru genre film horror lokal. Standar yang tinggi menurut saya. Abis gini rangorang pasti kalo ada film horror baru, Pengabdi Setan-nya Joko Anwar dibuat acuan. Ya bagus si. Bagus banget. Biar film maker itu mikir kalo mau bikin film horror. Bertahun tahun perfilman horror kita diisi ama horror esek esek ga jelas. Jeeeezz!

352-Picture1-1024x576
Liburan ke rumah Nenek

Ending yang dibikin twist juga bukan tanpa alasan. Buat mereka yang udah nonton Pengabdi Setan 80’an ama udah nonton semua film Joko pasti pada seneng liat ending-nya. Hahaha.. Gambir! Yup! Joko sepertinya pengen buat universe-nya sendiri. Kek Stephen King. Pengabdi Setan (2017) banyak banget easter eggs buat film film Joko Anwar. Seolah pengabdi Joko Anwar dibikin mikir beneran. Mau dibawa ke universe mana ini Pengabdi Setan. Dan ini emang uda diakuin ama Joko sendiri di salah satu wawancara kalo dia pengen banget bikin universe sendiri. (kalo uda nonton semua filmnya emang endingnya itu rata rata unanswered. Pintu Terlarang, Modus Anomali, ampe yang baru A Copy of My Mind.)

689943-1000xauto-ivan-gunawan-tirukan-ibu-di-pengabdi-setan
Ibu Mawarni

Walaupun emang Pengabdi Setan (2017) ini berasa perpaduan antara Insidious ama Conjuring, tapi I don’t mind at all. Soalnya digarap apik bener. Ga asal. Dan keliatan banget kok usahanya supaya terasa Pengabdi Setan (2017) film horror lokal. Kadang suka ga abis pikir ama mereka yang bilang Pengabdi Setan-nya Joko ini jelek/biasa aja. Logikanya, kalo mereka bilang Pengabdi Setan (2017) ini jelek/biasa aja, terus mereka expect film horror yang kek apaan lagi? Suster Keramas? Tali Pocong Perawan? Kakek Gayung? Tiren? Dude please! Our horror movie genre been fucked up for years! Pengabdi Setan (2017) is enlightenment.

7530f0cb-f73d-4585-9470-b7acc6ef986b_169
Salah satu scene yang akan diingat sepanjang masa. Tony sisirin Ibu.

I gotta give 9/10. YES! Secara keseluruhan filmnya dan feed back-nya untuk perfilman Indonesia, it’s almost that perfect! Terima kasih Jok, udah memperkenalkan new kind of Pengabdi Setan ke generasi milenial. I’m pretty sure Pengabdi Setan (2017) will be the most talked-about horror movie for the next couple years. Joko Anwar udah bikin sejarah baru di dunia perfilman Indonesia. So much proud! Darminah sent her smile from hell just for you. She’s back!

MV5BODFmZTRiNzYtNTE0MC00YTNhLTk2NTMtNDg3ZDM1MWRhOTljXkEyXkFqcGdeQXVyMzMzNjk0NTc@._V1_
Darminah from the old Pengabdi Setan

Satu hal yang masih sulit saya terima di Pengabdi Setan (2017). Yaitu the existence of Ustadz. Joko memilih untuk mematikan karakter Ustadz (Arswendi Bening Swara). Literally mematikan. Padahal di film originalnya justru Ustadz adalah savior buat keluarga Bapak yang diteror hantu Ibu. Tokoh penting.  Are you trying to say that agama tidak menyelesaikan masalah, Jok? Kalo mengacu pada yang terjadi di negeri sendiri, agama emang  jadi hal krusial banget si. What are you actually trying to convince us, Jok??

Salam dari Batara dan Darminah.

DLF_0GMUEAEUZRG
Dua karakter yang banyak memunculkan konspirasi di kalangan pengabdi Joko Anwar.

Tinggalkan komentar